Minggu, 16 September 2012

Memahami Investasi Reksadana Lebih Dalam

Memahami Investasi Reksadana Lebih Dalam

Investasireksadana merupakan sebuah sarana investasi yang memudahkan pemodal untuk dapat memiliki kemudahan pemilihan instrumen investasi, dan potensi hasil investasi dari pasar modal, baik itu saham, obligasi, pasar uang, maupun kombinasi dari ketiganya. Reksa dana pada umumnya dibuat untuk lebih mudah dijangkau, baik dari sisi nilai investasi, kemudahan akses investasi, dan yang terpenting adalah sarana investasi ini didaftarkan pada regulator yang terkait, yaitu Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Badan hukum seperti Bapepam tersebut semakin menguatkan tentang investasi reksadana seperti ini. Seseorang bisa memulai investasi ini dengan cara membeli reksadana melalui manajer investasi yang telah di tentukan sendiri oleh anda sebagai investor, setelah itu pihak manajer investasi melakukan pemilihan instrument investasi yang sesuai dengan modal yang telah anda berikan.
Instrumen investasi yang merupakan sebuah aset reksadana tersebut disimpan dan dicatat oleh bank kustodian, bank kustodian adalah bank pihak ketiga yang terdaftar di Bapepam-LK, dan bersama-sama dengan manajer investasi untuk memanajemen dan mengelola reksadana. Dengan beragam instrumen investasi yang ada di pasar modal saat ini, memilih suatu instrumen investasi bukanlah hal yang mudah. Diperlukan keahlian yang khusus dan waktu yang banyak untuk memantau perkembangan harga dan perubahan pasar, terlebih dengan semakin globalnya alur informasi dan berita. Di sinilah peran reksa dana yang berusaha menggabungkan semua kebutuhan investor: memilih berbagai instrumen investasi sedemikian rupa sehingga mempunyai tingkat risiko yang cukup kecil pada bisnis investasi reksadana.
Sekarang ini reksadana pada umumnya dapat dibeli secara langsung dari manajer investasi yang bersangkutan ataupun melalui bank selaku agen penjual efek reksadana dengan nilai investasi yang relatif terjangkau. Hal ini membuat reksadana menjadi sangat sesuai bagi investor pemula ataupun sebagai sarana rencana keuangan bagi berbagai tipe masyrakat. Investasireksadana ini cukup memberikan manfaat yang cukup besar, karena nilai keuntungan yang dihasilkan melalui reksadana cukup besar pula. Satuan reksa dana ini dinamakan dengan unit penyertaan dan harga per unit penyertaan dinamakan nilai aktiva bersih (NAB) per unit. Hasil investasi yang diperoleh oleh investor adalah sesuai dengan pergerakan harga NAB per unit ini, dengan cara membandingkan harga NAB per unit pada saat investor membeli dengan NAB pada saat penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar